Majulah entrepreneur muda Indonesia : Peluang Usaha

Avatar

Netpreneur, Internet Marketing, Online Shop, Social Media, network Store, Trading Online

STIFORP Indonesia

Wireless Hotspot dengan Jangakauan 2 Kilometer

Sebagai konsultan keci kecilan dan juga sebagai penjual beberapa produk wireless untuk keperluan usaha kecil juga tentunya walau kadang ada yg besar besar hehe banyak sekali mendapat pertanyaan mengenai jangkauan wireless lan atau pertanyaan yang menyerempet masalah masalah seperti itu.

Kadang dari beberapa user yang bertanya saya jawab dengan canda tawa kadang di jawab dengan ketus kalo yang bertanya nya ketus hehe tapi yang paling penting adalah bahwa si penanya adalah orang baru bermain di dunia wireless lan.

Mungkin nanti pembaca tulisan ini ada yg gak senang atau mungkin setuju dengan pendapat saya, tapi percayalah tidak akan ada sampai saat ini perangkat wifi ( wireless lan ) yang bisa menjangkau dengan baik ( client dan AP ) dengan jarak 1 – 2 kilometer.

Mungkin beberapa iklan antena, atau beberapa iklan radio akses point memberikan statement seperti itu tapi iklan adalah iklan yang pasti di buat semuluk muluk dan sebagus bagus mungkin yg tentu akan berbeda dengan kondisi real di lapangan.

Kenapa perangkat wifi tidak bisa dikatakan menjangkau jarak 1 – 2 kilometer bahkan lebih ?, jawab nya mungkin yang paling tepat adalah, sinyal dari AP mungkin terbaca oleh client dengan baik tp sinyal client tidak di baca oleh AP dengan baik, karena komunikasi antar kedua radio harus bolak balik jadi jika cuma kirim saja bagus tp terima nya gak bisa ya gak bisa juga akhirnya.

mungkin jawaban di atas adalah jawaban berbelit belit dan tidak merupakan jawaban teknis yang mungkin sebagian pembaca blog ini bingung tapi itu lah kenyataaan nya. bahasa yg tepatnya ada tapi masih panjang juga hehehe.

Intinya wifi kalo client ( penerima) adalah perangkat laptop / netbook tidak akan bisa/ bagus menerima sinyal atau mengirim sinyal dengan jarak yang jauh ( 1 – 2 km) dan ini juga menjadi alasan kenapa perusahaan besar sekelas telkom tidak mengembangkan broadband wireless menggunakan wifi 2,4 ghz untuk mengcover client mereka. jika perangkat wifi bisa menjangkau jarak jauh, jangan berharap kita bisa berbisnis rtrw net dengan speedy untuk mencover beberapa kompleks perumahan dengan bermodalkan 1 buah akses point plus boster sebesar besarnya dan client dengan santai menerima akses wifi kita di laptop kesanyangannya di dalam rumah, karena tentunya perusahaan besar akan lebih dulu mengembangkan.

Jadi intinya teknologi itu di buat dan didisain sedemikian rupa, dimana celah teknologi yg bisa di bisniskan untuk sekala besar, menengah dan kecil. Nah kalo untuk wifi saya bilang untuk skala kecil karena untuk menjangkau jarak 10 – 50 meter saja walau di lapangan bisa loss di terima oleh laptop dengan baik pada jarak 200 – 500 meter dari pusat AP, tapi tidak jika di dalam ruangan atau kamar.

Tapi bukan tidak mungkin bahwa wifi bisa menjangkau banyak tempat dan luas, kini dengan beberapa fitur kita bisa memasang beberapa repreater sehingga sinyal wifi bisa lebih luas tapi tentunya harus menggunakan repreater alias akses point lagi.

Dan saran saya jika mau membangun sebuah jaringan wifi dengan model repreater dengan jumlah yang besar alias menggunakan banyak akses point, sebaiknya perlu di pikirkan untuk menggunakan teknologi mesh network, walau mungkin biayanya lebih mahal tp dengan system ini jaringan lebih baik daripada sekedar menggunakan repreater mode atau wds mode walaupun mesh itu sendiri adalah gabungan antara repreater dan wds itu sendiri cuma di kembangkan lebih lanjut.

mungkin banyak yang terjebak dengan judul nya, itu adalah beberapa pertanyaan user kepada saya dan kadang males untuk menjawab dengan detail karena user spt ini susah di katakan dengan sebenarnya krn mereka biasanya udah di hasut oleh iklan plus ingin biaya murah dengan hasil luar biasa. ┬ádengan kata lain ” jangan kan anda yang punya uang cekak perusahaan besar akan lebih dulu mengadopsinya sebelum anda tahu teknologi itu sendiri ”

Lain halnya jika client nya menggunakan radio external, sebagai contoh wlan dengan mode point to point bisa berjarak beberapa puluh kilometer dan dengan kualitas yang baik. jadi intinya permasalahan jarak untuk wifi laptop itu adalah laptop itu sendiri

Incoming search terms:

Simak juga ulasan berikut :

2 Comments, Comment or Ping

  1. demang

    wkwkwk .. keren2x gan tulisannya
  2. supriadi

    berapa harganya wirelees hotspot dengan jangkauan 2 kilometer ?

Reply to “Wireless Hotspot dengan Jangakauan 2 Kilometer”

Deskapahendri dot com | Make smart thinks smart people

adsense Akses point alexa alexa rank BBM bgp bisnis blog blogger cisco Firewall google Gratis Hotspot internet ISP jasa jasa setting koneksi Linux loadbalance Management mikrotik modem mpls networking page rank proxy radio rank router router os RTRW net Seo server speedtest Speedy squid Telkom tips training usaha VPN Warnet Wireless
Partly powered by CleverPlugins.com