Majulah entrepreneur muda Indonesia : Peluang Usaha

Avatar

Netpreneur, Internet Marketing, Online Shop, Social Media, network Store, Trading Online

Membangun web server sendiri

Beberapa waktu lalu ada seorang bertanya mengenai cara membangun web server sendiri. mungkin maksud disini adalah membangun web server di tempat sendiri atau bisa jadi membangun web server oleh diri sendiri alias si penanya hehehe.

Okelah, mulai menerawang sedikit, web server berarti server untuk naruh web. biasanya isi nya adalah web server seperti IIS di windows, apache di linux, juga di tambah database server.

Tapi jika sebatas membangun webserver saja berarti udah cukup IIS atau Apache saja. Untuk membangun atau mendirikan atau apalah namanya cukup diperlukan 1 unit hardware CPU yg terdiri dari Mainbord, Ram, Hardisk, prosesor, casing dan power supplay juga di tambah dengan monitor dan mouse keyboard.

Pada dasarnya cukup di perlukan CPU saja, untuk monitor, mouse dan keybord bisa di lepas kalo udah selesai instalasi.

Untuk masalah diperlukan ruangan ya pasti, kalo diperlukan ip publik belum tentu, bisa jadi web server hanya untuk di akses lokal saja, jika di akses lokal saja berarti gak perlu ip publik, juga gak harus dpt di akses 24 jam sehari, kalo di akses lokal paling saat jam kantor aja, abis itu bisa di matikan dan besok di nyalakan lagi.

Tapi jika tujuannya supaya bisa di akses 24 jam sehari , 7 hari seminggu dan 365 setahun, ini baru yg serius, yaitu minimal harus ada cpu yg tahan beroperasi tanpa henti makanya di anjurkan pake spek cpu server, juga di perlukan ip publik krn untuk di akses oleh pengunjung dari internet, juga di perlukan koneksi isp yang siap 365 hari setahun dan karena beroperasi terus menerus wajib punya ruangan yg dingin biar gak kepanasan juga harus siap UPS dan genset, untuk isp juga bagus nya ada link backup.

 

jadi intinya untuk membangun web server, cukup ada cpu dan di install OS semisal linux terus di install apache web server. itu udah bisa di akses secara lokal ( lokal pc )

untuk bisa di akses oleh jaringan LAN diperlukan ip private dan perangkat jaringan spt hub dan nic. Untuk bisa di akses oleh user internet di perlukan koneksi isp dan ip publik.

agar cpu web server tahan lama diperlukan spek server dan juga kondisi ruangan yang dingin. agar web server bisa di akses terus menerus diperlukan isp yang on terus menerus.

Kalau untuk masalah ruangan dan isp sebenarnya tidak mesti cpu nya di taruh di rumah kita atau di kantor kita, jika tujuannya untuk publik taruh saja servernya di data center seperti di datacenter iix, kan disana bisa numpang naruh cpu ( sewa tempat ) disana udah di siapkan isp dan juga catudaya listrik serta space server dan dijamin bagus, istilahnya colocation server. kalo gak mau report bisa juga sewa dedicate server, inti nya sama cuma ini kita sewa servernya. kita sendiri yg pedang user dan pass root nya. jadi tidak ada orang lain yg bisa login ke server kita. kalo mau lebih murah bisa gunakan vps server, juga sama kita sendiri yg bisa login ke root server kita

 

mungkin demikian dulu kurang dan lebih nya harap di maklumi saja hehehe

semoga bermanfaat

Incoming search terms:

Simak juga ulasan berikut :

5 Comments, Comment or Ping

  1. web server bagus pakai linux apa windows
  2. thanks atas infonya sangat membantu banget
  3. mantap infonya
  4. untuk menyimpan data – data
  5. thank’s gan atas artikelnya sungguh sangat membantu menambah wawasan :)

Reply to “Membangun web server sendiri”

Deskapahendri dot com | Make smart thinks smart people

adsense Akses point alexa alexa rank BBM bgp bisnis blog blogger cisco Firewall google Gratis Hotspot internet ISP jasa jasa setting koneksi Linux loadbalance Management mikrotik modem mpls networking page rank proxy radio rank router router os RTRW net Seo server speedtest Speedy squid Telkom tips training usaha VPN Warnet Wireless