Majulah entrepreneur muda Indonesia : Peluang Usaha

Avatar

Netpreneur, Internet Marketing, Online Shop, Social Media, network Store, Trading Online

Join teranex3d's empire

Wireless Power besar bukan segalanya

Banyak pertanyaan masuk melalui email dan ym yang kurang lebih isi pertanyaannya adalah ” kepana ya power nya 600 atau 1 watt tapi kok sinyalnya kecil” atau ” Sinyalnya penuh tapi laptop tidak mau atau susah konek ” dan pertanyaan petanyaan lain yang kurang lebih sama.

Saya bukannya mau menyalahkan atau mungkin merendahkan produk produk tertentu, tapi ini menurut pandangan saya dan juga hasil saya di lapangan yang sering menggunakan perangkat wireless.

Kadang kita salah konsep tentang sebuah Power radio wireless, kadang kita terbuai oleh iklan dari peralatan tersebut dan lain sebagainya. Kita selalu berusaha untuk mencari alat yang murah dengan kualitas baik dan memiliki power yang besar. Banyak saya lihat di pasaran sekarang radio berpower 1000 mili watt. tapi sekali di pasang ternyata sinyalnya melempem dan budek.

Dari beberapa kejadian banyak para pengguna seperti saya menyalahkan ini lah itu lah dan sebagainya seperti menyalahkan radio nya, menyalahkan antenanya yang kadang sebenarnya peralatan itu tidak salah sama sekali tapi konsep kita yang salah.

bagaimana konsep kita salah, seperti ini misal nya.
saya hendak membuat sebuah layana hotspot di komplek perumahan saya. karena saya ingin mendapatkan banyak user dan saya tentu tidak mau repot dan mengeluarkan uang banyak, ya prinsipnya mengeluarkan modal sekecil mungkin tapi mendapatkan ke untungan sebesar2 nya. Lalu apa yang saya lakukan ?, saya beranggapan kalau sinyalnya kuat berarti jarak jauh dari Tower saya bisa mendapatkan bila perlu 1 komplek seluas 1 km persegi bisa tejangkau semua laptop nya oleh 1 buah Akses point. Sehingga saya membeli sebuah akses point dengan daya besar alias power besar 600- 1000 mili watt. karena saya ingin murah meriah ( prinsip ekonomi) saya browsing ke internet atau jalan ke toko networking. saya lihat ada sebuah produk radio wireless dengan harga gak sampe 1 juta tapi memiliki daya besar. terus saya juga melihat ada antena dengan power besar juga dan harganya murah meriah juga. wah pikir saya ini merupakan ke untungan besar. Saya udah mulai itung itung pemasukan dan besarnya biaya yang saya keluarkan di awal. Itung punya itung ternyata biayanya gak sampe 5 juta total untuk all in one usaha yang saya sebut rt rw net komplek abc.

Setelah saya pasang di atas tower dan saya jalankan, saya cek menggunakan laptop awal nya lancar saja. terus saya berjalan untuk mengecek sinyal saya sejauh mana dan hasilnya tidak terlalu baik. jaraknya cuma 100 meter aja padahal udah pake 1 mili watt. 1 minggu berlalu saya cek lagi ternyata sinyal AP saya itu tidak stabil kadang naik kadang turun dan jangkauannya lebih pendek lagi. belum lagi server biling pake mikrotik bajakan saya yang banyak bugs nya. waduh ini mau murah tapi kena yang murahan punya hehehe.

jadi kurang lebih seperti itu konsep kita yang salah tadi. cerita di atas adalah ilustrasi saya saja, di lapangan mungkin ada yang merasakan seperti cerita saya atau setidaknya mirip mirip lah.

Nah dimana letak kesalahan konsep pemikiran saya tadi ?

  • Saya berpendapat bahwa dengan power yang besar maka jangkauan juga besar sehingga laptop client saya bisa berada jauh
  • Saya tidak begitu faham betul selain power besar ternyata data rate lebih penting atau biasa di lihat dengan kata kata nilai ccq sebuah koneksi
  • saya masih berpola pikir ekonomi kuno dimana mengeluarkan biaya sekecil mungkn dan mendapatkan ke untungan sebesar mungkin, padahal jaman sudah berubah, banyak yang berpola pikir kaya saya tadi itu sudah masuk penjara karena tersangkut kasus mafia dan korupsi
  • Saya juga tidak begitu faham dampak yang ditimbulkan oleh power radio saya, selain power besar ternyata radio saya budek sehingga cuma ngancurin freq udara saja
  • Saya beranggapan bahwa saya memiliki pola pikir yang cemerlang saya tidak sadar kalau sebelum saya mendapatkan ilmu nya orang sudah berfikir untuk masalah ini, ya kalau saya bisa seperti yang saya harapkan mungkin provider telko sudah lama menggarapnya menggunakan freq yang sama
  • Saya tidak sadar kalau dalam komunikasi radio itu harus balance antara pengirim dan penerima alias tx dan rx nya. saya tidak kepikiran kalau power laptop itu rendah dan cuma di rancang untuk jarak 100 meter saja

Tapi saya tidak selalu menyalahkan saya, karena iklan produk yang beredar itu kadang ada testimoni nya dimana menyatakan bisa ini dan itu bisa jarak sampe sekian dsb.

Dari hikmah kisah ilustrasi saya tadi, saya mengambil kesimpulan sedikit mengenai power radio wireless.

Bahwa tidak selamanya power itu baik untuk transfer data, biasanya kalau power besar maka datanya kecil, lihat table data rate dan sensitifitas radio. Semakin tinggi sensitifitasnya semakin baik dan biasanya radio kalau di setting dengan power tinggi data ratenya menjadi kecil alias banyak yang rusak.

Bahwa harus faham kalau untuk koneksi ke laptop itu tidak bisa jauh karena kemampuan dari laptop yang tidak begitu kuat. Jadi jangan terlalu optimis kalau ada iklan yang bisa sampe jauh kalau menggunakan antena laptop bawaan.

Bukannya mau menjelek jelekan iklan, tapi iklan itu di buat supaya kita tertarik tinggal bagaimana logika kita beraksi.

Sekali lagi saya tegas kan disini saya tidak ada niatan untuk mejelek2an sebuah produk atau iklan cuma sebagai bahan renungan kita biar mata hati kita terbuka dengan kondisi real dengan acuan hitungan logis. Ibarat kata ada harga ada barang, itu patut jadi pedoman kita.

Banyak pemain rt rw terpaku pada pola ini, ada pemain rt rw yang dari awal berdiri sampe sekarang masih pusing mikirin radio wireless untuk akses pointnya.

Mungkin bagi yang mau berkecimpung di dunia rt rw bisa jadi bahan renungan, saya sampe saat ini sering di ajak konsultasi sama calon atau pemain rtrw yang dalam kesusahan

Incoming search terms:

Simak juga ulasan berikut :

6 Comments, Comment or Ping

  1. Rahmadi Rahim

    wah betul skali om ini sangat dan sangat kena ke diri sy.. ibaraat mancing dilautan mau dapat ikan hiu tp umpannya pake cacing.. salut sm om atas tulisannya ini.. smoga bs bermanfaat bagi para pemula” yg lainnya… tq
  2. leonardus

    nice artikel nih… coba cari tahu produk Ruckus.. reliable ny tinggi pak
  3. rakcus ini produk wifi built up ya. kaya nya mahal juga nih harganya hehehe
  4. Mantaf gan, saya juga pusing mikirin hal kaya gini, dipikir2 emang power bukan segalanya, saya udah nyoba berkali2 menggunakan power yg besar dan hasilnya pun kurang memuaskan, menurut anda AP yg cocok untuk server RTrwnet apa ya??
  5. @agunk – bagus klo udah merasakan perbedaan, kalo masalah AP yg cocok, liat model aplikasinya. walau nama rtrw net tp liat skala rtrwnet nya
  6. djafar

    sy pake radio watt standard 4 buah masing masing 90 derajat sudut pancarannya , mempunyai troughtput 150mbps, client 68 orang, mikrotik rb750 2 buah dan server proxy ubuntu, paket speedy 2 mbps. Normal semua untuk setiap client, kadang malah ada yg dapat kecepatan 12mbps karena mendapat hit dari proxy. Jadi betul kt admin jng mengandalkan power besar, yg penting troughtput dari radio wirelessnya… dan untuk mencapai jarak yg jauh hanya sistem wds saja untuk tiap 5 km. sampai ke client yg bejarak 20km perlu 3 radio sebagai repeaternya, dan alhamdulillah lancar. Sekarang lagi ngajuin ijin expansi usaha. doain kawan..

Reply to “Wireless Power besar bukan segalanya”

Deskapahendri dot com | Make smart thinks smart people

adsense Akses point alexa alexa rank BBM bgp bisnis blog blogger cisco Firewall google Gratis Hotspot internet ISP jasa jasa setting koneksi Linux loadbalance Management mikrotik modem mpls networking page rank proxy radio rank router router os RTRW net Seo server speedtest Speedy squid Telkom tips training usaha VPN Warnet Wireless