Majulah entrepreneur muda Indonesia : Peluang Usaha

Avatar

Netpreneur, Internet Marketing, Online Shop, Social Media, network Store, Trading Online

STIFORP Indonesia

Tips agar rantai motor awet

Bagi pemilik sepeda motor pasti tahu lah kapan mengganti gear dan rantai sepeda motor. Rantai sepeda  motor mungkin sebagian orang merupakan komponen sepeda motor yang tidak begitu penting tapi sebenarnya komponen ini begitu penting karena jika rantai motor kurang dirawat ada beberapa hal yang akan terjadi pada sepeda motor kita diantaranya adalah :

  • Rantai cepat aus sehingga cepat muai. Rantai yang muai pastilah harus dikencangkan, kalau priode muai dan pengencangan rantai terlalu cepat¬† maka rantai akan cepat habis dan perlu penggantian rantai. Pemuaian rantai akibat laher rantai dimasuki pasir sehingga laher rantai menjadi longgar. Kalau rantai cepat aus maka kita harus sering ganti rantai dan tentunya biaya.
  • Gear akan cepat aus, karena rantai yang kotor dan aus akan menyebabkan gear menjadi cepat aus juga, gear yang aus membuat kita cepat ganti gear dan tentunya biaya
  • Gear dan rantai tidak optimal membuat kecepatan dan kelancaran motor tidak optimal. akibat rantai yang kendor karena aus bisa menyebabkan kecelakaan saat rantai lepas dari gear.

Untuk menjaga agar rantai selalu Optimal adalah memberi perawatan pada rantai itu, kebanyakan orang menggunakan oli bekas untuk melumas rantai dengan alasan kalo pake oli maka kotoran tidak begitu menempel seperti jika menggunakan gemuk. Tapi menggunakan oli bekas membuat rantai cepat muai sehingga cepat kendor dan kalo sering muai maka rantai harus di potong. Solusi yang tepat adalah dengan memberikan Oli khusus rantai. Saya sendiri sudah membuktikan bahwa menggunakan oli bekas maka setiap 1 bulan sekali rantai harus di stel tapi jika menggunakan oli khusus rantai maka akan beda hasilnya. Saya menggunakan Oli rantai merek Zone Chain Lubricant sejak rutin pemakaian sudah 1 tahun lebih rantai gak pernah di stel dan kondisi rantai seperti baru, tidak kotor dan hitam.

Incoming search terms:

Simak juga ulasan berikut :

3 Comments, Comment or Ping

  1. Escfiy

    Kalo gua pakai oli mesin…. kebetulan motor gua scorpio… harga rantainya mahal jadi sering gua bersihkan. dan alhamdulilah udah 25000km. motor gua rantai nya belum pernah ganti dan jarang di stel. buka tutup rantai bagian depan ( gear depan ) jika rantai sangat kotor , saya bersih kan dulu dengan deterjen atau sekalian bawa ke pencucian motor :p bersihkan rantai dengan menggunakan bensin dan kuas , begitu juga dengan gearnya biarkan kering sebentar… oleskan oli mesin secukupnya… jangan terlalu banyak karena akan membuat kotor. cukup oleskan sedikit2 sambil mesin dinyalakan dgn standard 2 dgn gigi 2. tuangkan sedikit2. jika oli mulai menetes. itu rantai sudah cukup dilumasi… biasanya dengan cara ini, kecepatan motor saya bertambah sekitar 15%
  2. admin

    wah tips yang bagus bro. aku rantai nya udah 1 tahun lebih lom pernah di ganti dan baru 1 kali stel pada saat usia motor 3 bulan. motor aku juga scorpio dan ban belakangnya pake ban ukuran 17/130 ban nya udah mau gundul tapi rantai masih ok ok aja
  3. Fotolangka

    Boleh jg nih tipsnya di coba. Thx

Reply to “Tips agar rantai motor awet”

Deskapahendri dot com | Make smart thinks smart people

adsense Akses point alexa alexa rank BBM bgp bisnis blog blogger cisco Firewall google Gratis Hotspot internet ISP jasa jasa setting koneksi Linux loadbalance Management mikrotik modem mpls networking page rank proxy radio rank router router os RTRW net Seo server speedtest Speedy squid Telkom tips training usaha VPN Warnet Wireless
Partly powered by CleverPlugins.com